** Firman Tuhan: (Matius 27:1-10) **


Kesombongan itu menipu. Orang yang sombong itu seringkali tidak sadar akan kesombongannya. Orang yang sombong selalu ingin menjadi orang yang nomor satu. Kita akan didorong untuk menjadi yang lebih baik dibandingkan orang lain, dan sayangnya kita jadi menghalalkan segala cara.

Untuk mendapatkan posisi puncak, orang sombong akan selalu menunjuk bahwa dirinyalah yang terbaik, ia selalu berusaha mencari pujian dari orang lain. Ia akan lebih bangga dan sering ingin berada di antara orang-orang penting dan populer, dan biasanya menghindari mereka yang kurang penting dan dihargai. Sikap ini sungguh bertentangan dengan sikap Tuhan Yesus bukan? Pelacur, pengemis, buta, pemungut cukai, orang berdosa selalu ada bersama dan menjadi fokus pelayanan-Nya.

Biasanya kita tidak akan sadar kalau sedang mengejar keunggulan lahiriah, padahal biasanya pasti ada pemberontakan di dalam roh kita. Kita cenderung menolak untuk dinasehati dan menaati Allah, karena kita merasa bahwa kita tidak membutuhkan nasehat-Nya lagi, apalagi manusia. Kisah Yudas yang kita baca hari ini adalah sebuah contoh tentang kebodohan itu.

Untuk itulah, pertama-tama kita harus mengenali bagian-bagian mana dari hidup kita yang sudah terpengaruh olehnya. Bila kita mengakui arena-arena itu,artinya kita telah mengambil langkah yang tepat untuk kembali taat kepada-Nya, karena kita telah mengarahkan kembali perhatian kita kepada Allah. Kita harus terus berjaga-jaga terhadap sikap sombong ini. Ingatlah selalu apa yang telah diperbuagt Allah di dalam hidup kita. Ingatlah akan karya-Nya yang telah menyelamatkan kita dari kehidupan kotor dan hina.

Kesombongan seringkali membuat kita membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Kita memang mudah menemukan seseorang yang dapat kita kalahkan, namun sesungguhnya hanya ada satu orang yang kepadanya kita harus membandingkan diri, yaitu Yesus Kristus. Bandingkanlah diri kita dengan Dia, niscaya kita akan selalu melihat kekurangan kita.


SeLamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati.
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Song