** Firman Tuhan: (Daniel 4:27-30 ) **


Dari seluruh ranjau rohani yang dapat menyerang kita adalah kesombongan. Ini merupakan ranjau paling berbahaya dan sulit dideteksi. Itu terjadi karena kesombongan biasanya merupakan pembungkus untuk menutupi kelemahan kita. Sering terjadi bahwa orang sombong sebenarnya sedang berusaha untuk mendapatkan perhatian guna menutupi kekosongan pribadinya.

Seperti ranjau-ranjau lainnya, kesombongan menimbulkan berbagai akibat yang tidak kita kehendaki. Salah satunya adalah kesombongan menghalangi persekutuan kita dengan Allah. Amsal 16:5, berkata "Setiap orang yang tinggi hati adalah kekejian bagi Tuhan; sungguh, ia tidak akan luput dari hukuman." Allah dengan keras menegur orang yang sombong, sebab Ia tahu bahwa sikap ini adalah batu sandungan bagi orang percaya lainnya. Kita tidak dapat melayani Dia, bila kita selalu mencari pujian dari manusia. Kesombongan akan mendorong Tuhan keluar dari kehidupan kita. Karya Roh Kudus dipadamkan di dalam hidup kita., dan kita jadi sangat bergantung pada hikmat kita sendiri dan mengabaikan Firman Allah.

Sudah selayaknya tidak boleh ada tempat untuk kesombongan di dalam hidup kita. Keberhasilan yang kita raih bukanlah untuk kebangga diri, melainkan sebagai alasan untuk bersyukur kepada Allah, oleh karena anugrah dan berkat-berkat-Nya (Yakobus 1:17; Yesaya 26:12).

Bacaan hari ini mengajarkan kita bahwa Tuhan tidak pernah main-main dengan janj-Nya. Di kisah ini Tuhan memakai Daniel untuk mengingatkan raja Nebukadnezar yang mulai sombong, untuk mengartikan mimpi sang raja. Semua rencana Tuhan di sampaikannya, untuk menyatakan kepada raja, bahwa yang maha tinggi berkuasa atas kerajaan manusia dan memberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya (ayat 33).
Kiranya pelajaran ini juga berguna bagi kita, kesombongan sangat dibenci Tuhan, itu sebabnya hati-hatilah dengan ranjau ini!


SeLamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati kita :)
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Song