** Firman Tuhan: (Yoahanes 21:17) **
"Apakah Engkau mengasihi Aku?"



Tanggapan Petrus terhadap pertanyaan yang menusuk hati ini berbeda dengan keberanian yang ditunjukkan beberapa hari sebelumnya ketika ia menyatakan." Sekalipun aku harus mati bersama-sama dengan Engkau, aku tidak akan menyangkal Engkau" (Matius 26:35;juga lihat ayat 33-34).

Kepribadian lahiriah kita menyatakan perasaannya dengan berani, namun kasih sejati di dalam batin kita hanya dapat ditemukan dengan mengalami sakitnya pertanyaan Yesus Kristus ini. Petrus mengasihi Yesus dengan cara alami sebagai seseorang mengasihi orang yang baik.
Namun itu hanyalah kasih emosional belaka. itu mungkin menjangkau kedamaian diri lahiriah kita, namun tidak pernah menyentuh roh seseorang. Kasih sejati tidak begitu saja mengungkapkan dirinya. Yesus bersabda,"Setiap orang yang mengakui Aku didepan manusia (yaitu, mengaku kasihnya melalui segala sesuatu yang dilakukannya bukan semata-mata dengan kata-katanya), Anak manusia juga mengakui di depan malaikat-malaikat Allah"(lukas 12:8).

Jika kita tidak mengalami penderitaan dalam menghadapi setiap tipuan tentang diri kita, kita telah menghalangi pekerjaan firman Allah dalam hidup kita. Firman Allah mengakibatkan penderitaan pada kita melebihi yang dapat diakibatkan oleh dosa, karena dosa menumpulkan perasaan kita. Akan tetapi pertanyaan Tuhan ini meningkatkan kepekaan kita sedemikian rupa sehingga penderitaan yang dibuat Yesus ini merupakan penderitaan yang paling terasa. Ini bukan hanya menyakiti secara lahiriah, melainkan juga secara rohani.

"Sebab Firman Allah hidup dan kuat, menusuk sangat dalam sampai memisahkan jiwa da roh.." -sampai tiada tipuan yang tersisah (Ibrani 4:12). Bila Tuhan mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini, mustahil untuk berpikir dan menanggapi dengan tepat, karena kasih Tuhan berbicara langsung kepada kita, sakit itu sangat terasa. Ini menyebabkan penderitaan hebat sehingga bagian manapun dari hidup kita yang menyimpang dari kehendakk-Nya dapat merasakan sakit itu. Sakit yang ditimbulkan Firman itu nyata, namun pada saat itulah Allah menyingkapkan kebenaran-Nya kepada kita.
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Song