** Firman Tuhan: (Pengkhotbah 3:7) **
"Ada waktu untuk merobek, ada waktu untuk menjahit; ada waktu untuk berdiam diri, ada waktu untuk berbicara".



Suatu hari seorang guru yang bijaksana bertanya kepada murid-muridnya,"Mengapa saat seseorang marah,ia akan berbicara dengan suara yang keras atau bahkan berteriak?"

Seorang murid, setelah berpikir cukup lama, mengangkat tangan dan menjawab."Karena pada saat seperti itu, ia telah kehilangan kesabaran; oleh karena itu, ia lalu berteriak."

Sang guru bertanya kembali,"Tetapi, lawan bicaranya justru berada disampingnya. Mengapa ia harus berteriak? Apakah ia tidak dapat berbicara halus?" Hampir semua murid memberi jawaban yang menurut pertimbangan mereka adalah benar. Namun tidak ada satupun jawaban yang memuaskan.

Sang guru lalu berkata," Ketika dua orang sedang dalam situasi kemarahan,jarak antara kedua hati mereka menjadi amat jauh walaupun secara fisik mereka begitu dekat. Karena itu, untuk mencapai jarak yang demikian, mereka harus berteriak. Namun anehnya, semakin keras mereka berteriak, semakin pula mereka menjadi marah. Dengan sendirinya jarak hati yang ada diantara keduanya pun menjadi lebih jauh lagi. Oleh karena itu, mereka terpaksa berteriak lebih keras lagi.

Sang guru kemudian melanjutkan,"Sebaliknya, apa yang terjadi ketika dua orang saling jatuh cinta? Mereka tidak hanya tidak berteriak,tetapi ketika mereka berbicara suara yang keluar dari mulut mereka begitu halus dan lembut.

Sehalus apapun suaranya,keduanya bisa mendengarkannya dengan begitu jelas. Mengapa demikian?" sang guru bertanya kembali sambil memperhatikan para muridnya.

Mereka tampak berpikir amat dalam, namun tidak satupun yang berani memberikan jawaban."Karena hati mereka begitu dekat,hati mereka tidak berjarak.

Dan Akhirnya,sepatah katapun tidak perlu diucapkan. Sebuah pandangan mata saja, sudah cukup membuat mereka memahami apa yang ingin mereka sampaikan."

Sang guru masih melanjutkan,"Ketika kau sedang dilanda kemarahan, janganlah hatimu menciptakan jarak. Saat itu janganlah engkau mengucapkan kata-kata yang akan mendatangkan jarak diantaramu. Mungkin pada saat seperti itu, berdiam diri mungkin merupakan sebuah cara yang bijaksana karena waktu akan membantumu meredam kemarahan."


Tuhan Yesus berkati kita semua.

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Song