** Firman Tuhan: ** "Orang kaya menguasai orang miskinyang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi"

Kitab Amsal mengatakan bahwa orang yang berhutang menjadi budak dari pada orang yang memberi hutang. Hutang mengikat seseorang. Hutang membuat seseorang kehilangan kebebasan. Hutang menciptakan beban dalam kehidupan seseorang.

Ada dua hal dimana hutang dapat dilakukan dengan bijaksana. Pertama, dalam keadaan terjepit, kadang orang harus berhutang untuk kebutuhan hidupnya. Sebagai patokan, janganlah berhutang untuk membeli hal-hal yang kita inginkan. Bila kita harus berhutang untuk mencukupi kebutuhan kita, lakukanlah hal itu dengan penuh tanggung jawab. Buatlah rencana kapan kita akan melunasi hutang tersebut. Misalnya kita akan membayar separoh hutang kita di bulan depan dan separoh lagi di bulan berikutnya. Lalu lakukanlah rencana tersebut.

Kedua, ada kalanya kita perlu berhutang untuk membeli rumah atau untuk memulai bisnis, Tanpa berhutang (loan) hampir tidak mungkin kita membeli rumah ataupun bisnis. Dalam hal ini kita perlu memperhitungkan baik-baik. Bila invesment ini akan menghasilkan masa depan yang lebih baik, maka kita akan mengembangkan kehidupan dan talenta kita.

Jesus bLess us abundantLy ^^
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Song